7 Plugin WordPress Essential Untuk Developer

28/10/2014    Reza Indra    824     Website

Dari sekian banyak CMS yang paling popular saat ini adalah Wordpress. WordPress memiliki banyak plugin yang dapat meningkatkan kemampuan sistem. Misalnya, ada sebuah plugin yang sangat populer saat ini adalah WooCommerce yang mampu mengubah WordPress menjadi platform e-commerce sempurna, dan bbPress yang memungkinkan seseorang untuk menjalankan sebuah situs forum.

Terlepas dari banyak plugin untuk pengguna umum, WordPress juga memiliki cukup banyak plugin yang ditujukan untuk pengembang/developer. Jika Anda seorang developer yang ingin mengembangkan plugin atau tema untuk Wordpress, kami telah mengumpulkan beberapa plugin penting dan berguna yang akan membantu membuat pekerjaan jauh lebih mudah. Berikut daftar pluginnya.

1. Debug Bar

Debug Bar berguna untuk menambahkan menu baru yang disebut Debug di bar admin. Klik pada menu, dan akan menampilkan informasi seperti cache, total queries, queried time dan penggunaan memori yang akan sangat berguna dalam proses debugging. Selain itu, Anda juga dapat melihat beberapa Peringatan PHP dan Pemberitahuan yang terjadi ketika Anda mengaktifkan WP_DEBUG.

2. Log Deprecated Notices

Beberapa fungsi di WordPress telah usang, yang berarti mereka tidak lagi direkomendasikan untuk digunakan. Log Deprecated Notices adalah plugin yang akan menampilkan semua fungsi-fungsi usang yang ditemukan dalam plugin atau tema dan menunjukkan kepada kita alternatif penggantinya.

3. Monster Widget

Monster Widget dirancang untuk pengembang theme WordPress. Plugin ini berisi 13 widget WordPress, misalnya Teks Widget, Widget Kategori, Tag Cloud dan lain-lain. Lebih mudah, menghemat banyak waktu dan memastikan bahwa semua fitur telah disajikan dengan baik dalam tema.

4. Regenerate Thumbnails

Jika anda sering mengatur ukuran thumbnail gambar, baik dalam tema atau plugin, plugin ini sangat bagus untuk anda. Regenerate Thumbnails memungkinkan anda untuk memperbarui semua gambar thumbnail di library dalam ukuran baru yang anda inginkan, dengan satu klik.

5. RTL Tester

Karena ada banyak pengguna WordPress di luar sana yang membaca dan menulis dari kanan-ke-kiri (RTL), anda mungkin perlu untuk menguji tema atau plugin modus RTL. Instal RTL Tester, dan tombol baru langsung ditambahkan ke admin bar yang memungkinkan anda untuk mengatur align teks.

6. Simply Show IDs

Plugin ini menambahkan kolom baru di sisi kanan table WordPress yang menampilkan entri ID. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah ambil ID untuk setiap entri termasuk Posts, Pages, Kategori, Media, Links, dan Tag.

7. Theme Check

Theme Check adalah plugin untuk Wordpress yang digunakan jika ingin pengembang tema WordPress. Plugin ini juga memeriksa elemen-elemen yang dibutuhkan ada dalam tema seperti screenshot tema, lisensi, dan informasi penulis.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More