Blog Request tutorial? klik disini!

  • 5 Faktor Membangun Konten Yang SEO Friendly

    Ditulis oleh: Renra Iwa Sedoya
    981 kali dibaca
    19 Jan / 2014 15:49

    Halo Dumenity, apa kabar? jakarta masih saja diguyur hujan. Hmm, kasihan sama murid-murid DUMET School, banyak yang ga bisa datang kursus karena banyak jalan yang kerendam banjir. Kalau terus-terusan banjir seperti ini bisa rugi dimurid dan perusahaan nih. Hehe...

    Daripada mikirin banjir dan hujan yang ga jelas kapan berhentinya, mendingan kita sharing aja yuk lewat blog DUMET School. Kali ini saya mau sharing mengenai pengalaman saya di SEO dalam membangun konten sebuah website. Apa aja sih faktor-faktor yang bisa mempengaruhi Google Rank dari konten yang ada di website?  Berikut saya rangkum dalam 5 faktor membangun konten yang bagus dalam SEO. Cekidot:

    1. Quality

    Bagi saya, kualitas konten menjadi poin terbesar dalam faktor ini. Setiap halaman harus memiliki konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas itu seperti apa? Konten yang berkualitas adalah konten yang menarik dan bermanfaat bagi user. Ketika kita membuat sebuah konten yang bagus maka user akan dengan suka rela men-share link konten anda kepada user yang lainnya bisa jadi melalui social media, email, forum, atau yang lainnya. Dengan melakukan cara organik seperti ini, maka user akan membantu meningkatkan reputasi website anda terhadap Google.

    2. Research

    Sudahkan anda meriset kata kunci apa yang tepat untuk produk anda? Ingat ! salah penggunaan kata kunci akan memberikan kegagalan bagi website anda. Lakukanlah riset kata kunci yang tepat dengan menggunakan Google Planner. Untuk domain yang baru, lakukan inject kata kunci secara bertahap, artinya jangan langsung menggunakan terlalu banyak kata kunci utama pada website tersebut. Biasaya untuk domain yang baru, saya akan lebih mudah untuk mengejar 1 kata kunci saja dari pada mengejar banyak kata kunci secara bersamaan.

    3. Keyword

    Gunakan kata kunci yang tepat pada setiap halaman. Kata kunci harus anda sisipkan di judul artikel, awal paragraf, dan pada tag alt digambar. Tulis kata kunci yang secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Kata kunci yang anda gunakan baiknya kata kunci hasil dari research anda pada Google Planner sehingga kata kunci yang gunakan benar-benar tertarget kepada calon customer anda.

    4. Engagement

    Bangun hubungan yang erat antara website anda dengan user. Anda harus mampu membuat user berlama-lama membaca konten website anda. Jangan biarkan user langsung pergi saat membuka website anda, karena ini akan menciptakan nilai Bounce Rate yang tinggi. Bagaimana cara menciptakan engage yang bagus? caranya tentu saja balik lagi ke poin pertama yaitu quality. Anda hanya butuh membuat banyak artikel yang menarik, kemudian anda share diberbagai social media, forum, atau lewat email. Tujuannya, biar banyak orang yang tahu kalau anda memiliki artikel yang menarik dan anda berharap mereka dapat berlama-lama di website anda untuk membaca artikel tersebut. Inilah nilai engage yang kuat.

    5. Fresh Content

    Coba sejenak anda bayangkan kalau website portal berita seperti detik.com atau kompas.com tidak diupdate lagi dalam waktu 1 minggu? kira-kita pembacanya tetap kembali berdatangan ga yah? Hmmm...tentu saja visitornya akan berkurang. Dalam membangun fresh content, anda harus siap membuat artikel yang original (bukan copy-paste dari website lain). Tips lainnya, anda harus sering membuat artikel yang sedang menjadi "hot topic" atau trend  yang sedang menjadi perbincangan banyak orang. Bagaimana jika anda tidak siap untuk membuat artikel yang fresh setiap hari? jika anda berada pada kondisi seperti itu, baiknya konten website anda berupa artikel tutorial. Karena artikel tutorial itu sifatnya tidak mudah basi. Tutorial "Dasar HTML" dari tahun 2012 sampai 2014 sama saja. iya kan? :)






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155