Blog Request tutorial? klik disini!

  • 15 Tips Menjadi Freelancer Profesional

    Ditulis oleh: Reza Indra Gunawan
    924 kali dibaca
    08 May / 2014 14:17

    Menjadi seorang pekerja bebas atau freelancer memang enak ya... Kerja dimanapun jadi, tidak usah datang ke kantor tepat waktu, berpakaian kemeja, dan disuruh oleh bos. Memang enak sih.. tapi jika sedang dikejar deadline projek, terkadang sangat mengesalkan. Untuk itu saya memberikan tips bagaimana menjadi seorang freelancer yang dapat meng-handle pekerjaan secara profesional. Berikut tipsnya...

    1. Ambil Beberapa Resiko

    Untuk menjadi freelancer yang sukses, jangan takut untuk mengambil sebuah resiko. Jika mungkin anda tidak punya pengalaman yang cukup untuk terjun sebagai freelancer, harus optiomis dan tetaplah dicoba. Menampatkan diri anda pada dunia freelancer, pasti anda akan menemui hal-hal yang sulit, jika itu terjadi janganlah takut atau menyerah tetaplah dicoba dan lakukan saja.

    2. Selau Berkomunikasi Dengan Orang yang Baru Anda Temui

    Menjadi freelancer yang sukses, dapat diawali dengan kemampuan atau skill anda untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang-orang yang baru dikenal, karena kita tidak akan tahu siapa saja klien berikutnya yang akan datang. Sosial media sangat mendukung anda mendapatkan orang-orang baru, yang akan membuat peluang anda mendapatkan klien semakin besar.

    3. Miliki Website Untuk Anda Sendiri

    Punya website sendiri sangat penting. Jika teman-teman berprofesi sebagai jasa pembuatan website atau jasa web design, rasanya sangat tidak masuk akal jika ada klien yang tertarik, jika anda sendiri tidak mempunyai sebuah website. Buatlah website yang menarik dan menjual, buatlah website yang mudah dipahami, maksudnya ketika orang pertama kali membuka website anda, dia langsung tahu bahwa itu adalah jasa pembuatan website.

    4. Menulis Blog

    Setelah memiliki website company profile sendiri, buatlah sebuah halaman untuk blog. Tulislah artikel-artikel yang bermanfaat yang berhubungan dengan bisnis anda. Usahakan selalu rutin. Menulis blog sangat bermanfaat, selain menambah wawasan untuk diri sendiri, pasti akan menarik banyak jumlah pengunjung, dan tentunya ini sangat baik untuk meningkatkan rating website anda.

    5. Tingkatkan Portofolio Anda

    Portfolio sangat penting, ini adalah senjata paling utama dalam promosi anda. Buatlah menu portfolio pada website, semakin banyak dan menarik portfolio yang anda miliki, akan semakin besar peluang untuk meyakinkan calon klien.

    6. Bersikap Lebih Sosial

    Sebuah website pribadi hanya menjadi bagaian dari promosi anda, tidak mungkin semua promosi hanya mengandalkan website pribadi saja untuk mendapatkan klien yang banyak. Jadi yang harus dilakukan adalah manfaatkan situs dan fasilitas sosial seperti facebook, twitter, pinterest, fasilitas chatting, kaskus, youtube dll. Lakukanlah promosi seolah-olah anda tidak mempunyai website sendiri.

    7. Kembangkan Brand Anda

    Setiap melakukan usaha apapun, kita harus selalu memiliki motto atau tujuan. Tempatkan motto itu pada brand anda. Buatlah brand yang menarik yang mencerminkan pribadi dan tujuan anda, sehingga orang yang melihat langsung mengerti usaha apa yang sedang anda lakukan.

    8. Pilih Klien Dengan Hati-hati

    Hati-hati dalam memilih klien, walaupun kebanyakan klien tidak mau tahu dengan apa yang anda kerjakan (tahu jadi). Tetapi lebih baik jika berusaha memilih klien yang enak diajak kerjasama, tidak membuat anda stres dan lebih menguntungkan buat anda.

    9. Perluas Jangkauan dan Pelihara Hubungan Dengan klien

    Menjadi seorang freelancer, koneksi dan sosialisasi itu nomor satu. Memang, komunikasi dengan orang-orang yang baru anda temui itu penting, tapi hal itu juga berlaku untuk orang-orang yang telah anda kenal sebelumnya. Karena kita tidak tahu dari mana saja klien yang akan kita dapatkan berasal, bisa jadi orang-orang yang sudah lama anda kenal menjadi penghubung untuk mendapatkan klien baru.

    10. Klien Tidak Selalu Benar

    Mungkin banyak mengatakan ‘klien itu adalah raja’. Ini merupakan hal yang tidak sepenuhnya benar. Jangan takut untuk memberi masukan kepada klien anda. Jika apa yang diminta oleh klien tidak bisa anda penuhi, bisa anda seolah-olah memberi masukan bahwa yang dikinginkannnya tidak lebih bagus dari apa yang anda sarankan. Bersikap lebih profesional, sehingga klien bisa mempercayai anda untuk melakukan yang terbaik bagi dirinya.

    11. Tentukan Ruang Kerja Khusus

    Buatlah ruang kerja senyaman mungkin. Ruang kerja yang nyaman merupakan modal utama dalam menciptakan sesuatu yang luar biasa. Dengan ruang kerja yang tertata rapih, dapat membantu menyegarkan pikiran anda sehingga tidak mudah lelah dan lebih fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

    12. Jangan Sendirian

    Untuk mencapai kesuksesan, kita tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri. Harus mempunyai tim yang saling melengkapi kekurangan pada diri masing-masing. Disamping itu pekerjaan yang dijalankan akan lebih ringan karena beban kerja ada pada sebuah tim. Bayangkan jika anda harus memikul beban kerja sendirian, ini dapat sangat berpotensi membuat anda manjadi stress.

    13. Jaga Keseimbangan Kerja Serta Hidup Anda

    Sesibuk-sibuknya kita bekarja, tetap kesehatan kita nomor satu. Jangan jadikan kesibukan sebagai sumber perusak kesehatan buat anda. Istirahat yang cukup, atur waktu tidur, dan konsumsi makanan yang sehat. Kunjungilah tempat-tempat yang bisa menyegarkan kembali pikiran anda, saat waktu senggang.

    14. Jangan Terburu-buru Dalam Membuat Keputusan

    Jangan terburu dalam membuat keputusan, semua hal harus dirundingkan terlebih dahulu. Luangkanlah waktu untuk membahas sebuah project, konsep, bersama tim anda. Dan mencatat hal-hal yang penting.

    15. Selalu Profesional

    Ini merupakan hal terpenting jika Anda ingin menjadi freelancer. Anda harus selalu profesional baik dalam hal pekerjaan, komunikasi, hingga cara berpakaian. Memang anda tidak perlu sampai mengenakan kemeja, celana bahan dan sepatu kerja. Tetapi setidaknya, anda harus tahu bahwa pada saat anda bertemu dengan klien, paling pertama yang akan ia lakukan adalah menilai diri anda dari penampilan anda, dan termasuk cara berpakaian anda.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155