10 Source Bagus Untuk Belajar Pemrograman Swift

23/10/2014    Reza Indra    7980     Teknologi

Tahun ini adalah tahun dimana Apple memperkenalkan sebuah bahasa pemrograman baru yang disebut Swift. Tujuan dibuat bahasa program Swift adalah untuk menyederhanakan kode perintah yang digunakan oleh Apple untuk membangun platform iOS dan OS X. Meskipun hadir sebagai bahasa baru, Swift tetap kompatibel dengan pendahulunya seperti C, Objective-C dan Cocoa Touch framework.

Jika kamu sudah pernah belajar pemrograman Objective-C, belajar Swift akan menjadi mudah karena telah mewarisi sejumlah sintaks yang ada di Objective-C. Dan berikut adalah beberapa sumber atau bahan yang bisa menjadi referensi untuk balajar Swift programming.

1. The Swift Programming Language

Bahan belajar pemrograman Swift ini tersedia melalui iBooks, bisa di-download khusus untuk Mac OS dan iOS. Ini adalah referensi Swift Apple sendiri dan mencakup esensi, konsep dan alur kerja dengan kode, serta contoh dan studi kasus.

[Check it out]

2. Introduction to Swift (Youtube)

Malah membaca eBook? Tidak masalah. Apple juga telah merilis daftar video di Youtube yang berisi kursus singkat pada Swift, yang meliputi pengenalan dan sejumlah sintaks seperti Konstan dan Variabel, Integer, dan Operasi Aritmatika.

[Check it out]

3. The Swift Blog

Berikut sumber belajar Swift ketiga dari Apple, sebuah blog khusus yang disebut The Swift Blog. Blog ini mencakup tips, wawasan, dan contoh-contoh penggunaan Swift. Meskipun hanya memiliki beberapa postingan yang diterbitkan, ini masih merupakan sumber terbaik agar anda tetap up-to-date dengan Swift.

[Check it out]

4. Absolute Beginner’s Guide to Swift

Ini merupakan blog dari programmer swift yang mau berbagi ilmu tentang Swift. Namanya adalah TeamTreeHouseblog, di dalamnya ada panduan pemula untukSwift, software yang digunakandancara menjalankan perintah program.

[Check it out]

5. Introduction to Swift for Non-Programmers (Udemy)

Swift dirancang untuk menjadi bahasa yang mudah dipahami. Udemy juga membagikan video eLearning gratis tentang Swift, yang berjudul “Introduction to Swift for Non-Programmers”, terdiri dari 8 video yang akan memandu anda mempelajari dasar-dasar Swift bahkan tanpa ada basic sebelumnya.

[Check it out]

6. SoSoSwift

SoSoSwift adalah kumpulan sumber referensi untuk belajar Swift. Di sini anda dapat menemukan video, artikel, tutorial, contoh kode dan library untuk membangun Aplikasi iOS dan OS X dengan Swift. Anda juga dapat mengirim permintaan tutorial atau mengirimkan link ke situs ini untuk diposting.

[Check it out]

7. LearnSwift

Situs LearnSwift mirip dengan SoSoSwift. Yang berisi kumpulan sumber tutorial, video dan library untuk Swift. Sumber di situs LearnSwift di susun dalam tiga bagian, yakni: Pemula (Fundamental), (Menengah) Intermediate dan (Tingkat tinggi) Advanced.

[Check it out]

8. SwiftLang

SwiftLang adalah situs yang baik untuk mempelajari pemrograman Swift. SwiftLift telah mengumpulkan banyak referensi dari berbagai sumber. SwiftLang juga memiliki forum dimana kita bisa meminta bantuan atau membantu orang lain yang berkaitan dengan pemrograman Swift.

[Check it out]

9. Swift Cheat Sheet

Swift terdiri dari banyak sintaks yang akan sulit untuk dipelajari sekaligus. Jadi, di sini adalah contekan kode Swift untuk referensi cepat, disusun oleh Ray Wenderlich. Di sini dirangkum sejumlah sintaks Swift yang ditampilkan dalam satu halaman.

[Check it out]

10. Build Your First App with Swift

Jika anda telah melalui proses belajar mengenai dasar-dasar Swift, di situs ini kita akan mulai membangun aplikasi Swift pertama. Bagaimana menciptakan sebuah game, membangun sebuah permainan bernama Swiftris, membuat Tetris. EBook ini tersedia melalui berlangganan email.

[Check it out]

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More